#19 Tentang Dia

Saya mau bercerita, ini tentang dia.

Dia yang kadang berkacamata kadang tidak berkacamata. Dia dengan ikal legamnya yang tidak pernah gagal membuat saya ingin sekali melarikan jemari saya diantara helainya. Dia yang senyumnya selalu berhasil menjungkirbalikkan semua logika yang masih tersisa di otak saya. Dia yang kalau tertawa rasanya saya tidak bisa melakukan apa-apa lagi selain tertawa bersamanya.

Ini tentang dia. Dia dan cerita dibalik kasarnya telapak tangannya saat ia menyentuh tangan saya. Satu sentuhan itu gila efeknya. Ya gila, karena dia berhasil meruntuhkan sisa-sisa pertahanan diri saya yang sudah berjanji tidak akan mau lagi jatuh ke lubang yang sama. Cinta.

Rasanya salah. Saya tidak seharusnya menulis tentang dia, karena dia terlalu nyata. Saya buruk jika harus berhadapan dengan sesuatu yang nyata. Saya yang terlalu lama tenggelam dalam delusi kelam, kini dihadapkan dengan kenyataan yang menyilaukan. Dia.

Tapi saya tidak bisa berhenti. Jemari dan hati ini memang tidak tahu diri, sudah berkali-kali saya bilang cukup sampai disini. Titik. Saya pernah berjanji tidak mau menulis lagi tentang siapapun yang pernah singgah di hati ini, karena tinta yang ditoreh hanya akan berakhir sebagai elegi. Pahit.

Tapi sekarang, lihat apa yang dia lakukan. Tinta kembali tertoreh, dan perasaan kembali tertuang; banjir diatas kertas polos, dipenuhi angan dan bayang-bayang. Sekarang, lihat apa yang dia lakukan. Masuk ke dalam mimpi saya setiap malam dan membuat saya linglung setiap siang. Rasanya saya seperti dalam sebuah pertarungan konstan dengan perasaan, dan saya kalah. Telak.

***

Andai dia tahu saya disini diam-diam, dengan kikuk, dan dengan menyedihkannya mengagumi dia—

dan mungkin… mungkin, Mencintai dia.

—F. S

Leave a Reply

